Minggu, 03 Februari 2013

kiat sukses belajar


 


1.      Belajar dengan didasarkan pada kecerdasan dan imajinasi (study with head)


Menurut saya pengertian kecerdasan adalah kemampuan seseorang dalam menjawab melalui situasi sekarang untuk semua peristiwa masa lalu dan mengantisipasi masa yang akan datang.
Dalam proses belajar kecerdasan dan imajinasi sangat dibutuhkan sekali. Dalam konteks ini maka yang namanya belajar adalah termasuk berpikir, atau berupaya berpikir untuk menjawab segala masalah yang dihadapi. Konsepnya memang kompleks, karena setiap masalah akan berbeda cara penanganannya bagi setiap orang. Untuk itu diperlukan pemikiran/perilaku imajinatif,yaitu perilaku yang ditandai dengan adanya sikap dan perubahan kreatif, kritis, dinamis, dan bermotif (bermotivasi).
2.      Belajar dengan sepunuh hati (study with heart)


Agar belajar kita bisa optimal dan maksimal harus dilakukan dengan sepenuh hati,apabila kita belajar dengan setengah hati maka hasilnyapun akan setengah-setengah pula. Sebagai contoh apabila kita disuruh belajar sedangkan kita masih asik bermain pasti rasanya tidak enak,seperti ada yang ganjel,apabila kita belajar pasti yang ada difikiran cuma pengen bermain dan tidak fokus sama yang mau dipelajari.
3.      Belajar dengan jujur (study with honest)


Jujur satu kata yang singkat padat tapi memiliki arti yang sangat penting.mengucap kata jujur mudah tapi melakukannya sulit. Dalam belajar agar ilmu yang kita dapat barokah dan bermanfaat salah satu syaratnya adalah dengan jujur,pengertian jujur disini adalah ketika ujian tidak usah saling mencontek,apabila belum paham dengan apa yang diajarkan dosen harus jujur dan tidak malu bertanya(ada pepetah malu bertanya sesat di jalan)dan lain-lain.
4.      Belajar dengan menghargai (study with honour)

Belajar dengan menghargai adalah belajar dengan tetap menghormati pandanagan dari pendapat setiap orang dalam menyampaikan gagasan mereka. Belajar dengan menghargai juga dapat diartikan menghormati setiap orang yang kita mintai bantuan untuk mengajari kita seperti guru kita atau pelatih kita, karena dengan menghargai, kita akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan inbsyaAllah berkah.
5.      Belajar dengan tidak mengenal menyerah (Learning to know not to give up)


Belajar dengan tidak mengenal menyerah adalah bagaiaman kita bisa tetap belajar walaupun dalam keadaan dan dengan materi sesulit apapun, karena manusia hanya akan berhenti belajar ketika dia sudah mati, belajar adalah salah satu elemen penting yang membuat kita menjadi manusia atau memanusiakan kita, oleh sebab itu orang yang berhenti bisa diistilahkan telah mati.’

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar